Pendamping 1001

Saat berkunjung ke sebuah wilayah program pemberdayaan petani di Cianjur, tepatnya di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, saya sempat terheran-heran karena ada istilah “Pendamping 1001” yang diucapkan petani. Kalau istilah “pendamping” sih, itu udah lumrah. Tapi kalau istilah “pendamping 1001” ini agak terdengar aneh. Apa ya maksudnya? Yang jelas bukan pendamping hidup yang berumur 1001 tahun loh.. hehe.

‘Pendamping’ sendiri adalah istilah untuk fasilitator program pemberdayaan petani yang diselenggarakan oleh Lembaga Pertanian Sehat – Dompet Dhuafa (LPS-DD). Petani lebih mengidentikan ‘Pendamping’ sebagai PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) swasta.  Karena, pekerjaannya memang mirip dengan pekerjaan PPL dari Dinas Pertanian yaitu membina petani. Bedanya, PPL termasuk pegawai negeri sedangkan ‘Pendamping’ adalah pegawai LPS DD.

“Pak Ayi itu pendamping 1001, sangat langka kita temui di zaman sekarang. Dikasih imbalan uang oleh petani sebagai ucapan terima kasih tidak pernah menerimanya. Berbeda dengan pegawai pemerintah yang berani meminta imbalan jika ada program bantuan untuk petani”, kata Pak Hoer selaku ketua Koperasi Tani Al-Ikhwan.

Hmm.. dari 1000 orang mungkin hanya satu orang seperti Pak Ayi.

Rupanya budaya korupsi oleh oknum PPL begitu membekas dalam pandangan petani. Maka, ketika Sang Pendamping menyalurkan bantuan permodalan usaha tani dari LPS DD, ratusan petani dhuafa itu pun dengan sigap mengepalkan “amplop” untuk pendamping sebagai ucapan terima kasih. Isinya 20 ribu hingga ratusan ribu. Lumayan untuk tambahan pendapatan bagi mereka penganut madzhab koruptor.

Wajar, ketika Pak Ayi menolak “amplop-amplop” itu mereka menjulukinya “Pendamping 1001”.

Karakter sebagai pendamping 1001 kian menguat manakala pengorbanan pendamping yang rela tinggal bersama dan menjadi bagian dari komunitas petani. Mereka mendampingi petani untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya bersama petani.

Bisa dibilang, pekerjaan sebagai pendamping petani terkesan heroik, penuh dengan pengorbanan dan pengabdian untuk masyarakat. Pendamping… pekerjaanmu begitu mulia. Imbalan dunia tak seberapa, imbalan Allah tiada tara. Semoga!

Tentang Admin

Konsistensi dan fokus akan membuat seseorang suatu saat berguna bagi masyarakat
Pos ini dipublikasikan di Pemberdayaan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s