Istri Hamil, Diare…!

Yang namanya diare pasti gak bakal ada yang mau ngalamin. Sakit perut, mencret, lemes, dan BAB gak bisa dikendalikan. Pada tingkat yang lebih parah diare bisa menyebabkan kematian karena dehidrasi.

Orang biasa pun akan sangat kepayahan kalo ngalamin diare. Gimana ya, kalo yang ngalamin orang hamil?

Itu dia bro, istri saya yang lagi hamil mengalami diare. Saya ampe nangis ngeliatnya. Coba banyangin, orang yang kita sayangi sekarat dan gak bisa ngapa-ngapain. Makan gak mau, minum juga susah. Yang paling saya khawatirkan adalah si jabang bayi. Perut istri saya kesakitan semaleman… akibatnya dia jadi kurang istirahat dan hal itu malah memperparah kondisinya.

Celakanya, orang hamil gak boleh minum obat sembarangan karena bisa berakibat buruk terhadap janin.

Akhirnya saya coba melakukan P3D (Pertolongan Pertama Pada Diare). Setiap dia BAB saya langsung berikan minuman ion. Biasanya sih oralit. Tapi kali ini aku kasih pocari sweat dan minuman fatigon hydro air kelapa. Alhamdulillah, diare mulai berhenti.

Tapi, ternyata masalah lain muncul, akibat saya berikan pocari sweat, maag istri saya langsung kambuh. Mual, muntah-muntah dan gak bisa makan. Walah, masalah ini gak kalah ngeri dari diare sebelumnya. Istri saya lemes gak bisa makan.

Tapi, saya berusaha menyuapinya bubur dan banyakin ngemil. Cemilan yg bagus buat orang maag adalah roti dan biskuit malkis. Katanya, makanan itu bisa menyerap asam lambung. Pokoknya perut gak boleh kosong, tapi gak boleh juga terlalu kenyang. Alhamdulillah, sehari kemudian istri saya mulai mengalami kemajuan.

Esok harinya, saya rasa bisa mengalami hari yang tenang karena istri udah mulai baikan. Tapi, harapan gak sesuai kenyataan. Malam harinya istri saya kumat lagi! Waduh, frustasi banget nih, sekaligus heran kenapa istri saya kumat lagi. Ternyata…. siang tadi istri saya makan mie rebus. Aduh, saya kecolongan. Saya gak tau kalo istriku makan mie… Kalo udah gini kan gawat..Bahkan diare yang kedua ini lebih parah.

Kali ini saya nyerah, langsung deh saya kirim ke dokter kandungan.

Pertama, diperiksa dulu janinnya… alhamdulillah sehat, lincah malahan, gerak-gerak terus.

Selanjutnya dokter menuliskan resep untuk istri saya yg lagi hamil 6 bulan. Resepnya sebagai berikut:

1. Oralit sachet(generik) 5 bungkus. Pemakaiannya gampang, tinggal larutkan ke dalam iar 200 ml. Gunakan sesuai dosis, lebih lengkapnya baca aja di bungkusnya. Minum selama BAB terus berlangsung untuk menggantikan cairean yang hilang. Kenapa harus oralit? Karena oralit mengandung elektrolit sehingga air bisa diserap usus. Kalo pake air biasa, air akan bablas dan cuma numpang lewat doang.

2. Obat maag. Kata dokter, obat maag aman buat orang hamil karena hanya bekerja pada lambung. Tapi dari beberapa penelitian obat maag mempengaruhi perkembangan bayi, terutama menyebabkan penyakit asma dan sesak nafas. Gunakan obat maag kalo terpaksa. Dokter ngasih obat maag yang relatif aman buat istri saya, mereknya Ranitidine (150 mg), diminum sehari 2 kali satu tablet sebelum makan pagi dan malam. Minum kalo sakit aja.

3. Obat Diare, untuk menghentikan sakit perut dan BAB secara terus menerus. Dokter memberikan obat dengan merek: Diatabs. Diminum sehari 3 kali setelah makan. Sama, obat ini gak perlu dihabiskan. Gak usah minum kalo gak sakit (ya iyalah, gak sakit koq minum obat? Oon..😀

Jika sakit masih berlanjut setelah dua hari, segera kirim ke UGD… Ngapain? ya dirawatlah! Pasien harus diinfus untuk menghindari dehidrasi dan mengakibatkan dampak serius bagi janin.

Kalo istri saya, setelah pulang dari dokter, kayanya langsung baikkan tuh, padahal obatnya lom diminum. Wk wk wk..😀

Tentang Admin

Konsistensi dan fokus akan membuat seseorang suatu saat berguna bagi masyarakat
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Istri Hamil, Diare…!

  1. chandra berkata:

    Waduh kejadiannya sama ma yg d alamin istri gw saat ini…..
    Sedih memang mpe gw maksain off krja demi ngerawat istri gw skrg..mna lg hamil jg…..ga tega liat dia kesakitan aplgi klo dia brbaring lemes ga brdaya.gw smpe mu teriak ya Allah jgn ambil istri gw dan calon anak gw…..!!! Hha dramatis tp di sinilah peran qt sbgai suami…harus lbh bnyak pengorbanan antara lain gw smpe ga tidur semaleman,pegang bju kotor,piring kotor,masak,ngurus rumah dsb

Tinggalkan Balasan

