ATM hilang, Segera Buat Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan!

Sering deh kayanya kita ceroboh sehingga barang sepenting ATM hilang. Entah karena lupa, jatuh, atau karena kemalingan. Kalau kalian mengalami hal itu, segera kalian telpon customer service (CS) pusat bank yang bersangkutan untuk mem-blokir ATM Anda. Biasanya 24 jam non stop. Kapanpun hilangnya, langsung hubungi CS sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada uang Anda. Kalau gak, bisa aja ATM Anda dibajak orang yang mengakibatkan uang Anda di bank raib.

Tahu gak nomor telepon CS pusat Bank Anda? Tenang aja, kalau gak tahu, tanya ke mbah google. Ketik dan seaching…. Kalian pasti akan dituntun ke website resmi bank yang bersangkutan. Disitulah Anda bisa lihat nomor telepon CS pusat.

Tapi, urusan Anda bukan berarti selesai. Jangan kaget jika kemudian Anda tidak bisa menarik uang Anda sendiri di bank walaupun Anda bawa kartu tabungan or KTP untuk menyakinkan supaya Anda bisa ambil uangnya. Tetap saja uang Anda tak bisa diambil. Negosisasi apapun yang Anda lakukan dengan pihak bank tidak akan berhasil. Nah, loe… Mana istri lagi butuh duit buat beli beras. Gimana nih?

Ada pekerjaan lain yang harus Anda lakukan. Anda pasti akan diminta surat kehilangan dari kepolisian oleh pihak bank untuk membereskan administrasi rekening bank Anda. Tenang aja… cepet lakukan. Gak akan lama koq. Langkah-langkah membuat Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan sebagai berikut:

1.  Datengin polsek (kantor polisi kecamatan

2. Bilang kalau Anda mau buat surat kehilangan. Anda akan diwawancara oleh petugas, ditanya kapan dan apa yang hilang. Ya… mirip-mirip BAP (Berita Acara Pemeriksaan)

3.  Keluarkan KTP Anda (jika KTP mash ada dan gak ikut hilang bersama ATM)

4.  Kalau hilang, Anda harus mengingat memberikan identitas dan alamat sesuai KTP yang hilang (Gampang koq, masa sih gak ingat dengan alamatnya sendiri?)

5. Setelah itu sebutkan barang-barang yang hilang… Jangan lupa Barang utama yg dilaporkan: ATM.

6. Anda harus bawa buku tabungan untuk melihat no rekeningnya (kalau inget nomornya, gak bawa juga gpp)

7. Setelah itu Anda tunggu sebentar, pertugas akan input data kamu ke computer untuk kemudian diprint.

8.  Setelah itu Anda tanda tangan

9. Selanjutnya, Kepala Polsek yang tanda tangan sekaligus distempel

10.  Surat  ini gratis. Kalau diminta biaya adminstrasi, itu untuk pribadi. Kalau kalian mau kasih itu pilihan Anda… kasih aja ceban, jangan gede-gede… Entar tekor ente.. hehe

11.  Foto kopi sesuai kebutuhan.

12.  Setelah itu, datengin tuh bank dengan membawa surat tersebut dan foto kopiannya. Kasih aja fotokopiannya, yang asli disimpan jika barangkali ada keperluan lain.

13.  Bank akan memproses dan membuatkan Anda ATM yang baru pada saat itu juga. Tapi kalau mau kartu ATM-nya tercetak nama, prosesnya tujuh hari.

Semoga bermanfaat

Tentang Admin

Konsistensi dan fokus akan membuat seseorang suatu saat berguna bagi masyarakat
Pos ini dipublikasikan di Pelayanan Umum. Tandai permalink.

3 Balasan ke ATM hilang, Segera Buat Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan!

  1. nurrahman18 berkata:

    pengalaman seorang teman,di pion pertama yakni laporan ke polisi terkdg tdk semudah yg dibayangkan. terkadg,terkadg ada saja kendalanya seperti kekurangpercayaan pihak kepolisian klo ada kehilangan😦,

  2. Dipa Ulhak berkata:

    Gampang koq, polsek pasti mau buatin surat kehilangan… Itu kan dah kewajiban polisi🙂

  3. oi berkata:

    Duh ,,tu surat kehilangan berlakunya brapa hari y..pny ane dah 2thn surat khilangnnya,tp lm sempet ngurus ke bank,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s