Cara Cepat Menyembuhkan Borok

Jangan anggap enteng luka kecil. Jika dibiarkan dan salah penanganan, luka itu bisa semakin membesar, memborok dan susah sembuh. Ini pengalaman pribadi coy, borokan selama dua bulan (malu-maluin ya, udah gede borokan :)). Ini sekedar cerita. Cuma ngasih tau aja, jangan sampe Anda menderita gara-gara borok.  Gara-gara ini, gue nggak bisa menikmati maen futsal bareng temen-temen.. hehe. Karenanya, gue coba bagi-bagi tips menyembuhkan luka dan memberantas borok. Yuk, mari..!

Semua berawal saat mindahin meja kerja gue dari lantai atas ke lantai bawah (gue pengen di bawah, lebih adem). Sebagai karyawan teladan nggak ada salahnya ‘kan gue bantuin OB.. hehe. Nah, saat gotongan memindahkan meja melalui tangga, OB di depan nggak ngasih aba-aba kalo udah sampe turunan (tangga). “Wadaw..!”, gue teriak karena bagian bawah meja tiba-tiba menggaruk dua jempol kaki gue sekaligus. Mak nyus..!

Lukanya sih nggak dalem.. cuma bagian kulit bagian luar terkelupas dan berdarah sedikit dengan luas luka sekitar (0,2 cm x 1,2 cm) x 2 jempol kiri kanan  (waduh detail amit.. kalah deh rumus luas jajaran genjang .. hehe).

Gue langsung kasih betadine luka-luka itu. Gue kira semua akan segera berakhir. “Paling juga satu minggu bisa langsung mengering dan sembuh”, pikir gue.

Satu minggu kemudian bener sih sembuh, tapi cuma jempol kiri yang sembuh. Sementara luka jempol kanan  masih belum kering. Gue masih nganggep enteng itu luka yang mulai memborok sebagai pertanda infeksi bakteri. waktu itu, gue masih percaya imun tubuh gue masih bisa mengatasi borok kecil itu dan nggak bakal lama lagi pasti akan sembuh. Makanya gue belom kepikiran silaturahmi ke dokter. Disamping itu, sebenernya gue agak sedikit trauma pergi ke dokter, yang gue alami sering mal praktek en salah kasih obat sih. Mulai generalisasi neh.. pencemaran nama baik dokter tuh, entar dituntut loch.. hehe.

Kal0 ke dokter, paling juga suruh minum anti-biotik. Kalo itu, gue udah tau en nggak usah ke dokter hanya untuk mendapat anti biotik (wah, sombong dan ujub neh.. astaghfirullah). Dokter juga ngasih antibiotiknya itu-itu aja. Kalo Anda pergi ke puskesmas, paling juga Anda bakal dikasih amoxcillin.

Dua minggu berlalu, koq belum sembuh juga. Sebulan kemudian, masih juga begitu. Padahal gue udah menerapkan berbagai tips dari mbah google. Mulai dari membersihkan luka dengan alkohol or revanol, sampe beli salep yang katanya manjur.

Hingga dua bulan kemudian, koq tetep sama. Borok kadang kering bagian permukaan, namun tiba-tiba berair lagi. Begitu terus berulang-ulang tanpa ada kemajuan yang berarti.

Karena gak sabar pengen cepet maen dan gabung lagi sama tim futsal, gue memutuskan untuk minum anti-biotik. Bagi gue ini darurat. Dengan terpaksa akhirnya gue minum antibiotik. Setelah konsultasi dengan mbah google dan dokter, gue putuskan untuk minum anti-biotik amoxcillin (haha.. gue kena karma nih, sebelumnya gue hina-hina tuh obat, sekarang malah gue mimun).

Walhasil, baru tiga hari gue minum antibiotik borok gue langsung menciut dan mengering. Ahaaa, seneng banget gue. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah mengirimkan obat bagi penyakit hambamu ini. Sekarang gue bisa maen futsal lagi coy.. :)

Kesimpulannya inilah cara cepat menyembuhkan borok, pertama, jangan sampe Anda terluka, karena luka sekecil apapun kalo udah infeksi pasti borokan. (hehe, ya iyalah. Siapa juga yang mau terluka? Dadar dudut.. :)

Kedua, jika Anda terluka, segera bersihkan luka itu menggunakan kapas dan cairan revanol atau alkohol. Beli aja di apotik Bos..! Alkohol rasanya lumayan sedep-sedep panas, kalo revanol rasanya adem :). Bila perlu, setelah itu dikasih betadine. Kalau pun tidak, sebenernya darah putih yang keluar dari luka sudah cukup sebagai antiseptik alami. Darah tersebut mengandung unsur pembunuh bakteri dan pengering luka. Ini pengobatan yang paling efektif dan efesien. Sebagai catatan, luka harus bener-bener bersih, jangan sampe ada benda asing yang nemplok di luka. Kalo ada sisa-sisa kulit yang terkelupas, segera singkirkan..! Karena ini bisa jadi bibit pengundang bakteri saat sel-sel kulit itu mati membusuk. Ente cabut or gunting aja setelah gunting disterilkan dulu dengan cara dipanaskan dan diolesi alkohol. Ini mencegah infeksi tingkat lanjut, dengan demikian luka akan cepat mengering dan sembuh.

Dari pengalaman luka dua jempol kaki gue, jempol kiri cepet sembuh (hanya seminggu) karena saat dibersihkan pake revanol tidak kebetulan ada sisa kulit yang terkelupas. Padahal lukanya lebih parah dari yang kanan. Sebaliknya, kaki kanan masih menyisakan kulit yang terkelupas. Kesalahannya, gue nggak cabut kulit terkelupas itu, malahan gue tutupin ke luka (kulitnya udah gue anggep handsaplas, hehe). Hasilnya, seperti yang Anda ketahui di atas. Darah putih sebagai antiseptik alami pun akan kesulitan melawan pertumbuhan bakteri yang sangat pesat di borok.

Ketiga, kalo udah terlanjur infeksi, ente kudu minum antibiotik! Kalau nggak, borok akan sangat lama sembuh. Pilih anti-biotik yang aman dan sesuai dengan infeksi yang kita alami. Borok merupakan salah satu bentuk infeksi kulit. Gue sendiri pilih Amoxcillim 500 mg. Obat ini tidak membunuh bakteri secara langsung tetapi dengan cara mencegah bakteri membentuk semacam lapisan yang melekat disekujur tubuhnya. Lapisan ini bagi bakteri berfungsi sangat vital yaitu untuk melindungi bakteri dari perubahan lingkungan dan menjaga agar tubuh bakteri tidak tercerai berai. Bakteri tidak akan mampu bertahan hidup tanpa adanya lapisan ini.

Harganya obat ini lumayan mahal. Tapi, agan-agan semua nggak usah khaawatir karena anti-biotik ini udah tersedia dalam bentuk generik yang diproduksi oleh BUMN farmasi terkemuka di Indonesia. Harganya relatif terjangkau. Amoxcillin adalah antibiotik spektrum luas untuk beberapa jenis infeksi, salah satunya untuk infeksi kulit. Anti-biotik ini ternyata aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Untuk dosis pemakaian, tergantung dari parah tidaknya tingkat infeksi.  Untuk kasus borok saya, Amoxcillim 500 mg diminum setiap 12 jam sekali (sehari 2 kali). Diminum selama 5 hari, harus dihabiskan! Untuk infeksi yang parah, bisa setiap 8 jam sekali (sehari 3 kali), diminum selama 5 hari.  Efek samping dari Amoxicillin antara lain : diare, gangguan tidur, rasa terbakar di dada, mual, gatal, muntah, gelisah, nyeri perut, perdarahan dan reaksi alergi lainnya. Oya satu lagi gan, jika sakit berlanjut, hubungi dokter (haha.. nggak mau tanggung jawab).

Walau udah minum anti-biotik, luka Anda harus sering dibersihkan menggunakan revanol/alkohol dan kapas. Terutama, jika borok keliatan berair, basah dan banyak mengandung debu maka segera Anda bersihkan. Setelah dibersihkan, akan keluar darah putih yang akan menjadi pelapis baru borok Anda. Lalu biarkan mengering..! Jika luka tampak mengering, biarkan hingga ia mengelupas sendiri dan artinya luka Anda telah sembuh (kurang lebih satu-dua minggu).

Ingat ya, pengalaman ini hanya bisa digunakan untuk luka bagi orang yang tidak mengidap kencing manis (diabetes). Bagi Anda yang sedang borokan, silahkan pake tips ini, semoga lekas sembuh..! Amin.

Tentang Dipa Ulhak

Konsistensi dan fokus akan membuat seseorang suatu saat berguna bagi masyarakat
Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Cara Cepat Menyembuhkan Borok

  1. acernoval berkata:

    thanks gan infonya, saya sakit nih borok kaki kanan sama kiri abis maen futsal -_- awalnya sih disiram air panas, perih banget. udah itu pake betadine. nyari di mbah google cara yang ampuh., ketemu deh artikel ini. makasih banget ya gan. bermanfaat bgt. akan gue coba lah hahah .

  2. Fenny Yulian berkata:

    makasih ya udh ngasih tau info itu,thank bnget…..

  3. T.S.T.E berkata:

    haduh.. obatnya yg mana tau, certanya panjang bgt, skarang ane juga panya borok nih di kepala bagian leher belakang sebelah kiri tapi baru membekas belum pecah. apa bisa pake obat itu??

  4. Septian Dinata berkata:

    wah bagus nih gan, sangat bermanfaat..
    terimaksih udah share pengalamannya, semoga bisa membantu para pembaca.
    yang harus ditekankan: “Diminum selama 5 hari, harus dihabiskan!!”
    :thumbup

  5. Willmantorro berkata:

    makasih atas sarannya… akan gw usahakan., soalnya anak gw dilututna ada borok bekas jatuh n sulit untuk keringnya . thanks brow

  6. Endah Wahyuni berkata:

    Hahaha, gue juga lagi borokan nih gara-gara pakek sepatu hak tinggi, udah satu setengah bulan gak sembuh-sembuh. Dipakek jalan sakit. Berair terus, padahal udah sempet kering.

  7. adv berkata:

    Wah bener bro… luka gw keeing langsung dalem 2 hari…. thx y

  8. Mslh gw adalah tuh luka adanya di muka. Gara2 jerawat gw pencetin, smpe akhirnya luka jd borok, bolong gitu deh, Serem ngeliatnya jg. Gw bener2 nyesel mencet2 + ngorek2 jrwt :( . Gw bingung udh smnggu ga kering2.

  9. syakieb berkata:

    Tulisan Sampean bermanfaat Gan… Thanks a lot! Saat ini saya sedang borokan infeksi di lutut. Yang awalnya sama kaya Agan, diobati sendiri, meremehkan luka. Padahal dan ternyata uda infeksi saat diperiksain :( THX BGT GAN… ;)

  10. ambon berkata:

    mantab bro…

  11. Makcaor berkata:

    Amokclin padat, apa cair?

  12. mr scrom berkata:

    ngan ni maslah ane, borok y di atas tumit samping mata kaki, memng dh kring tapi pas ane jalan kan gerk trus ni yh pechlagi2. gmnani ngan solusi y.dh1 minggu ni.

    • Dipa Ulhak berkata:

      wah, dlm kasus borok anda sebaiknya jaga borok anda jgn sampai mengelupas lagi.. Jika dalam waktu seminggu tidak sembuh juga, ada indikasi itu telah terinfeksi. Ciri terinfeksi adalah luka tampak bengkak, merah, berair dan gatal.. Jika itu sudah terjadi, walau borok sudah tertutup tetap saja akn mudah mengelupas walau anda menjaganya dengan baik. Ketika sudah terinfeksi, ikuti petunjuk di atas. Thx

  13. intan berkata:

    brmanfaat bgt mksih

  14. kangntris berkata:

    Gan, jempol cantengan bisa gak yah :(, lama gak sembuh jdi gk bsa futsalan . Thx gan

  15. budi_budi berkata:

    th brooo…

  16. mandrake berkata:

    mantap bro, lengkap bener dah tutorialnya…5 thumbs up

  17. Desi berkata:

    Mau tanya nih, kalo boroknya udah lama selama 5-6 bulan belum sembuh sembuh juga (mungkin sudah termasuk kategori parah) dari yang awalnya kecil menjadi membesar-besar disertai dengan timbulnya segerumbulan bentol-bentol kecil berair( lama kelamaan menjadi nanah) segala macam obat dan salp sudah saya coba, dari obat kapsul,salep,suntik,kompres revanol,amoxilin bla bla bla. Tp ttp saja blm sembuh. Pernah sih hampir sembuh( hampir) :'( tapi gak lama muncul lagi dah tuh bentol bentol berair berulang kali, hampir sembuh, muncul lagi, hampir, muncul lagi, berulang kali pokonya.bentolan itu yang rasanya gatal bingit, karena rasa gatal yang tak tertahan kan secara gk sadar tangan saya menggaru sendir tuh bentolan, dan akhirnya lukanya semakin melebar. Kata dokter borok saya ini di sebabkan oleh makanan seperti telur dan ayam ras, ( saya mulai berhenti makan makanan itu di ganti jadi makanan ikan laut atau sayur aja tpi ttp saja penyakit ini tak kunjung sembuh :( ) tau gak solusinya dan cara penyembuhan yang ampuh?? Mohon bantuannya ya :)

  18. dimas saepudin berkata:

    makasih ya gan atas artikelnya! saya coba apa bisa minum amoxcillin bisa sembuh dalam 3 hari?saya jatuh karna terpeleset kerikil di masjid. :( sakit perih soalnya ada 3 luka kaki 2 tangan 1. dicoba sekarang ya gan. soalnya mau renang sebentar lagi

    thanks you very much for this article. :-D

    http://dmss.yu.tl

  19. Thanks banget gan ..

    Alhamdulillah…
    bermanfaat bgt … :D

  20. bahtiar berkata:

    Wah ane lebih parah my bro…. Ane patah tulang diatas dengkul
    Nah dibetisnya banyak luka ada yg dalam,, ϑĩ pengobatan alternatif ane cuma dikasih jaring lomatuell., trus ditutup sama perban coz ane dikasih papan sampe kaki… Nah pas sebulan ane pulang trus ane buka, ternyata bengkak dan dalam bro

    Macam2 obat udah ane coba…. Tapi alhamdulilah udah mulai kering dan tumbuh daging… But masih bengkak sih
    Intinya ada solusi ga nih dari ente? H̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥:Dh̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥:)h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥

  21. nur lathif berkata:

    makasih gan infonya , , pahala berlipat entu buat kamu , semoga di balas allah dengan semua kebaikan :-)

  22. Mahmud.Ramdani berkata:

    Makasih ya kk ,udah d kasih tau ,semoga penyakit saya cepet sembuh AMIN dan saya dengan yg lainnya tidak terkena penyakit ini lagi.sekalilagi terimakasih . :) :)

Berikan Balasan

